Sebagai koalisi yang memperjuangkan hak Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal atas tanah, hutan, dan kekayaan alamnya, Koalisi Tenur memberikan dukungan taktis maupun strategis di lapangan bagi organisasi masyarakat sipil di Indonesia untuk terus memperjuangkan keadilan tenurial. Dukungan ini ditujukan kepada kerja-kerja taktis dan strategis di tingkat tapak yang dilaksanakan sebelum 19 November 2021.

Total anggaran yang dapat diakses secara kolektif adalah USD 30,000 untuk tiga hingga sepuluh paket dukungan yang disetujui oleh Koalisi Tenure, dengan pertimbangan dari Komite Seleksi Koalisi Tenure. Komite Seleksi ini terdiri dari orang-orang yang dipilih oleh Koalisi Tenure.

Pos anggaran ini tersedia untuk mendukung kerja-kerja taktis dan strategis di lapangan/daerah/nasional. Dukungan lapangan ini dapat diakses baik anggota Koalisi Tenure maupun (anggota) koalisi lain di mana anggota Koalisi Tenure terlibat dan memiliki visi yang sama dengan Koalisi Tenur. Prioritas dukungan diberikan bagi: (a) kerja kolaboratif beberapa organisasi, (b) pengajuan yang mengkolaborasikan sumber daya finansial dari sumber lain selain dukungan ini, (c) pengajuan yang mengangkat satu atau beberapa isu strategis berikut dengan kesetaraan
gender sebagai isu lintas sektor (dukungan tetap terbuka untuk isu-isu lain, sesuai
pertimbangan strategis Komite Seleksi Koalisi Tenure):

  • Respon atau mitigasi dampak Omnibus Law Cipta Kerja;
  • Realisasi percepatan Reforma Agraria (termasuk Hutan Adat);
  • Ekonomi Kerakyatan; dan
  • Solidaritas Pangan.

Penerimaan pengajuan dukungan lapangan ini diterima dari 1 Juni hingga 18 Juni 2021. Pengaju mengisi formulir pengajuan online dan memberitahukan kepada Sekretariat Koalisi Tenur. Setelah berkonsultasi dengan pengaju, Sekretariat bersama Komite Seleksi memutuskan status pengajuan dengan pertimbangan dari Komite Seleksi dan persetujuan dari anggota Koalisi Tenur.

Kerangka acuan dukungan, termasuk didalamnya cara mengakses dukungan dan link formulir pengajuan online, dapat diakses di link berikut: http://bit.ly/DukunganlapanganKT

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Sekretariat Koalisi Tenur.